Wednesday, January 28, 2009

VOTE BAJAJ!

Bajaj!

Dengan keyakinan penuh kuberhentikan angkutan yang selama ini aku idam-idamkan untuk aku naiki itu. Sebentar lagi aku akan merasakan kehebatan vibrasi dari bajaj yang konon bisa bertahan hingga 7 hari 7 malam. Yang efek menahunnya konon bisa bikin tulisan jadi jelek. Belum lagi suara deru mesin yang akan menguras energi kita apabila nekat melakukan perbincangan didalam bajaj.

“Kemang, Bang!”

Setelah menyepakati harga yang harus aku bayar, maka dengan bacaan bismillah dalam hati, kumulailah petualangan siang itu. Mental dalam diri sudah aku bangun dengan pondasi kalimat-kalimat miring mengenai bajaj itu sendiri. Dan saat mesin telah dinyalakan, kumulai perjalanan kali ini dengan senyum mengembang.

5 menit pertama, senyum itu masih megembang. Deru mesin yang memekakkan telinga bisa aku antisipasi dengan alunan lagu-lagu melalui earphone. Nyaman. Tidak sebegitu menakutkan seperti gambaran kawan-kawanku. Dan senyumku masih terus mengembang.

“Neng, lokasinya sebelum atau setelah Mac Di?”
“Apa bang?” Kumatikan sejenak M3 yang sedang aku dengarkan itu.
“Lokasinya Sama Mac Di?”
“Oh.. masih terus bang. Perempatan lurus aja.”

Kemudian terjadi sedikit percakapan antara aku dengan supir bajaj tersebut terkait dengan lokasi yang hendak aku tuju. Bajaj itu masih melaju, menambah kecepatannya yang berefek pada peningkatan vibrasi dan deru mesin. Ngepot kiri, nyalip kanan, ngajleng saat ada lobang jalan, plus kepulan asap memperseru perjalananku siang itu.

“Bang… bang.. kelewatan.”

Abang itu tetap melaju. Tak menghiraukan suaraku yang tertelan deru mesin itu.

“BAANGG…..! KELEWATAAAN!”

Reflek begitu mendengar jeritanku, supir bajaj itu tanpa bertanya-tanya lagi langsung membelokkan arah setirannya 180 derajat! GILA! Aku langsung syok! Aku tidak mempersiapkan mentalku untuk ini. Dalam pikiranku, bajaj itu seperti mobil-mobil kebanyakan, yang harus memindahkan gigi terlebih dahulu, mengurangi kecepatan, mundur, baru berbelok. Lha ini…. Tanpa melalui fase-fase yang ada dalam bayanganku, bajaj itu langsung ngeeeeekkkk… muter 180 derajat! GILA!

Don’t be panic wie.

Aku mencoba menenangkan gemuruh dalam dada. Menarik nafas panjang, dan mencoba meletakkan kembali senyum itu dalam wajahku. Meskipun aku tahu, kali ini tidak lagi mengembang. Kecut. Mungkin itu kata yang lebih tepat.

Well, akhirnya sampailah aku di tujuan dengan selamat.


”Haaii… maaf telat. Sudah dari tadi?”
“baru 10 menit yang lalu kok. Naik apa tadi Wie?’
“Bajaj doong….”
“Oh. Pantas. Suaramu kenceng sekali.”

PLAK!

Aku baru sadar bahwa deru mesin sialan itu masih mendominasi di pendengaranku, sehingga berakibat pada volume suara yang tidak terkontrol.

Haaadoooowww….!

Aku benar-benar malu.

Hanya kata maaf yang bisa terucap, diiringi dengan senyum yang… kecut? Sudah pasti itu!

Hari itu, bajaj telah merenggut senyum mengembangku.

Ooohhhhh……!!!

26 comments:

  1. Baru nyadar klo bajaj itu bukan mobil. dooh!

    ReplyDelete
  2. wakakakakakkaaaaa....

    eh belok 90 derajat itu beloknya ke kanan atau ke kiri?

    Kalau balik arah mestinya belok 180 derajat

    ReplyDelete
  3. wakakakak!!!!!

    bajaj bajuri ya mba' wik?

    moral is: bawa megaphon kalo naek bajaj!

    ReplyDelete
  4. mantab kan getarannya :d

    ReplyDelete
  5. wooohh... iyo. lali!harusnya 180 derajat. bayanganku 180 derajat itu belokan 360 derajat. saaaaaaallahhhhhhhh... tengkyu mizon.

    ReplyDelete
  6. Terbetulkan.

    @ivan, mantabh kalipun!

    ReplyDelete
  7. ohhh kamu baru naik bajai to waktu itu, pantesan teriak-teriak waktu di telpon.

    ReplyDelete
  8. Ahahahahahah....

    untung nggak sambil makeup di dalem bajaj...

    ReplyDelete
  9. sing sabar yah mbak... begitulah suka duka naik bajaj... apalagi tentang belok berbeloknya, hanya sang supir bajaj dan tuhan yang tahu dia mau kemana...

    ReplyDelete
  10. bwhahaah... komennya dita lebih lucu dari tulisanku. Hail to dita!

    ReplyDelete
  11. bwahahahahahahaha ternyata bajaj bisa merubah suara orang juga ya

    ReplyDelete
  12. Ngejar setoran bok... emang gp, ember ... :-))

    ReplyDelete
  13. hahahaha... lucu mbak!
    ayo bikin tulisan yang lucu-lucu lagi!

    ReplyDelete
  14. hahaha..
    brarti soper bajaj suarane banter2 ya..?

    ReplyDelete
  15. aku cinta bajaj. tiap hari ke kantor naik bajaj... :P

    ReplyDelete
  16. walah ke kemang kok gak mampir to... yo

    ReplyDelete
  17. hihi... dihapunten mas..
    kesupen

    ReplyDelete
  18. bajaj..wahahahaha..keren nih..rock en roll banget.. :D

    ReplyDelete
  19. metal bangets ...

    kereeennn ....

    ReplyDelete
  20. mungkin akan jadi moment tak terlupakan ya..
    hwehehehe....

    ReplyDelete
  21. aku belon pernah naek bajaj...

    pengen coba ah...
    hehehehhe
    klo ke jakarta aja tapi...

    ReplyDelete
  22. hehehe..
    baru sekali.. gmn klo tiap hari ya mbak..
    :))

    salam kenal yak..

    ReplyDelete
  23. baumu jadi kecut gak mbak? :D

    ReplyDelete
  24. Di Surabaya ada bajaj ndak jeng?

    ReplyDelete