Wednesday, April 1, 2009

PB 2009 DI LAWANG SEWU??



Tuing!
Tiba-tiba ide itu melompat keluar kala membaca salah satu thread mengenai permintaan saran untuk pelaksanaan Pesta Blogger 2009 Oktober mendatang.

Berdasarkan pengalaman menghadiri acara PB’08 yang lalu dimana menurut saya (dan beberapa peserta yang lain) acara yang dikemas cenderung mboseni dan kurang terkonsep dengan bagus. Beberapa peserta yang saya temui saling melempar tanya, Acaranya tadi apa sih? Nggak jelas banget. Sementara yang lain mengungkapkan tidak peduli dengan acara yang dikemas karena mereka cukup senang dapat masuk gratis dan mendapat goody bag dengan aneka macam pin plus kaos.

Well, dalam hal ini saya tidak bermaksud menghakimi panitya PB’08. Saya cukup tahu kerepotan dan kelelahan mereka dalam menggelar perhelatan akbar buat menyenangkan para blogger. Salut! Namun salah satu kunci suksesnya acara adalah dengan belajar dari kesalahan terdahulu. Learning by doing. Mereview kegiatan yang lalu dengan mempertimbangkan masukan serta mempelajari interest pasar eh, blogger.
Dengan demikian, pesta mendatang akan lebih menimbulkan decak kagum. Gila! Pestanya keren banget!Sumpah, nggak nyesel deh datang jauh2. Top! Dan kalimat-kalimat kepuasan lainnya yang diimpikan oleh para penggelar kegiatan dimanapun berada. Klimaks yang makdezzz!!

Lawang Sewu...

Ya! Saya punya ide untuk menggelar PB 2009 tidak melulu di Jakarta. Dan kenapa saya memilih gedung tua itu, karena terus terang saya miris dengan kondisi dan kondite yang dimiliki bangunan bersejarah nan eksotis tersebut. Dalam mesin pencari online, Lawang Sewu lebih dikenal sebagai tempat yang angker daripada bangunan bersejarah. Kuntilanak di Lawang Sewu, Penampakan hantu di Lawang Sewu, dan tulisan-tulisan menyeramkan lainnya yang menduduki Top 5 di mesin pencari. Memprihatinkan...

Jujur, selama mendiami Semarang 18 tahun lamanya, baru sekali saya mengunjungi dan berkeliling di gedung tersebut. Kunjungan itupun baru saya lakukan saat sudah meninggalkan Semarang lebih dari sepuluh tahun lamanya. Kelewatan ya? Hehe.. Thanks to Nilla yang sudah merengek-rengek minta ditemani wisata malam di Lawang Sewu.

Tahukah kalian?

Saya terpukau dengan keeksotisan gedung tua tersebut! Tidak ada sedikitpun rasa takut kala menelusuri koridor bangunan tersebut, meskipun gelap dan hanya dibantu oleh sinar lampu baterai sang pemandu wisata. Hyudee sang fotografer langsung sibuk dengan senjatanya, mengambil gambar dengan sudut-sudut yang menarik. Bahkan lokasi bawah tanah, tempat dimana dulu digunakan sebagai tempat jagal pun tidak menyurutkan nyali Ulie dan Nila untuk berfoto-foto disana. Dan lihat! Tidak ada sesuatu yang menyeramkan yang kami temui disana. Yang ada hanya kekagumanan akan kekuatan bangunannya, arsiteknya, dan sejarah yang menyertainya.

Ok, kembali ke rencana PB 2009.
Andai saja PB 2009 diadakan di Lawang Sewu maka saya jamin para peserta pesta tidak akan merasa jenuh karena terkurung didalam gedung. Para photo blogger bisa berburu obyek-boyek foto menarik disana, dan para narsiser pun akan mendapatkan angle yang bagus untuk background foto mereka (tidak melulu di backdrop dan deretan kursi-kursi). Para blogger-blogger seriuspun akan mendapatkan ide tulisan yang bagus mengenai setiap sudut Lawang Sewu yang bersejarah tersebut.

Itu baru gambaran pembunuh waktu lho.... cukup menarik kan? Belum lagi jika masuk ke acara inti PB itu sendiri. Balutan acara yang bagus kan? Disamping para blogger mendapat wisata gratis, PB 2009 sendiri dapat memberikan manfaat bagi wisata daerah. Yaitu dengan terangkatnya Lawang Sewu melalui tulisan-tulisan positif para blogger. What a great party!

Ah, ini hanya angan-angan saya... angan-angan wong ndeso yang ingin mengangkat potensi wisata suatu daerah.

Lupakan saja...

Mending baca ini

7 comments:

  1. apa nak mizan pernah ke lawang sewu?

    ReplyDelete
  2. wah seru wik! apalagi kalo dibikin 2 hari pake acara nginep gitu. aku melu wes :D

    p.s. nggak usah diklik, blogku lagi semaput.

    ReplyDelete
  3. ah biasa wae lah soal lawang1000..hanya gedung tua seng medeni...lebih asikan mandangin wiwikwae..lebih betah...!!!!
    "mimisan"

    ReplyDelete
  4. Mengko akeh sing wedhi podo rak teko njur piye? :))

    ReplyDelete
  5. SEPAKAAAT...

    *blom pernah ikut pesta blogger*

    ReplyDelete